Jumat, 12 September 2008




"Muhammad Heru Try Herlambang in Story Music Carier"

Nama Muhammad Heru Try Herlambang, lahir di Lhokseumawe 1989. Dengan Hobi bermain musik khususnya alat musik gitar dan juga menulis, acting, main komputer serta membuat sebuah film. Dengan jiwa-jiwa seni nya itu Heru kini mencoba memperkenalkan hasil yang telah ia perbuat selama ini. Semoga hasil itu dapat dengan mudahnya diterimanya di masyarakat. Terutama lagu-lagu karyanya ini. Mencoba keberunungan nya di dunia musik Heru beranjak dari mulai manggung-manggung di mall, gor, maupun sekolah-sekolah. Dengan tidak mengurangi rasa malu hal itu terus dicoba, dengan harapan bahwa lagunya dapat diterima dan dikenal banyak khalayak. Awal mula Heru membentuk sebuah grub band yang bernama Hero Band. Dengan 5 personil yaitu Heru sendiri sebagai pembentuk grub band dan pemain lead guitar, Ariyo Putro sebagai drummer, Taufik Syukroon sebagai rytem guitaris, Jefri Ardiansyah sebagai bassis, dan Doni Milon Danu sebagai vokalis.

Semasa kelas satu SMA mereka membentuk grub band itu bersama. Karena juga antara Heru, Taufik, Jefri dan Doni satu sekolah. Sedangkan Ariyo adalah saudara dari Ibu Heru dan baru diperkenal kan pertama ke mereka semua sewaktu ada acara ngeband di sekolah. Heru waktu itu berkumpul bersama mereka di SMA Negeri 2 Binjai. Dengan beda kelas, mereka akhirnya berkenalan dan mempunyai kecocokan terutama di bidang musik. Pada awalnya musik mereka masih sangat berantakan. Salah satunya antara pemain Drum dengan gitar rytem dan vokalis rada gak nyambung. Tapi karena kemauan dan kecococokan berorganisasi akhirnya musik itu terasa nyambung dan mulai asyik didengar. Setelah asyik ngejam dalam setengah tahun Heru mencoba berfikir bagaimana cara grub mereka akan dikenal dan memiliki ciri khas. Ia menciptakan sebuah lagu, dan sebenarnya sejak kelas 3 SMP Heru sudah mulai mencipta lagu, tetapi terkadang ia malu untuk memamerkan ke banyak orang karena antara lagu dan usia nya tidak cocok. Masa anak kelas 3 SMP sudah mulai bisa nyiptain lagu cinta? Dan masih terkesan asal-asalan karena belum mengerti musik sepenuhnya. Tapi pada SMA setelah bertemu dengan teman-temannya itu ia akhirnya memberanikan diri untuk mendengarkannya kemereka semua. Lagu pertama nya yaitu “ANDAI SAJA” yang ada di dalam Album KREASI MIMPI ini juga pada track ke 2. Dan lagu itu kebetulan dinyanyika oleh sang vokalis Hero Band dulu yaitu DONI.

Lagu itu sendiri bercerita tentang kisah hidup Heru sendiri yang mulai mengenal cinta. Tetapi cinta itu perlahan seperti sirna ditelan keadaan. Dibalik kesedihan itu Heru menciptakan lagu itu. Misalnya dengan pada bait di reffrent nya yaitu “Cintamu hanya sesaat yang kau berikan kepadaku” . Disanalah menceritakan bahwa cinta Heru telah mulai hilang. Dan yang baiknya lagi ternyata lagu itu sangat disukai oleh semua temanya dan mereka semua membuat aransementnya. Dengan format band dan lagunya agak ngebin lain dengan yang dinyanyikan Doni sekarang yang bernada Slow Music. Setelah lagu Andai Saja itu tercipta kemudian munculah lagu-lagu lain yang diciptakan oleh Heru juga. Yaitu Kembali Saja, Hero Band, Give a Smile, Cinta, dan lain-lain hingga terbentuk sebuah album. Sebelumnya Heru dan Ariyo juga dahulu pernal ikut dalam kelompok band Abangya Heru yaitu Yudhi dan Reza. Mereka sempat rekaman di salah satu studio musik, dan kemudian mempromosikan lagu mereka di salah satu radio Binjai, yaitu Yudha FM. Tapi karena personilnya akhirnya pisah semua kelompok itu akhirnya bubar. Dan kembali Heru membangun band baru yaitu Hero Band dan sempat sangat terkenal di Binjai dengan singelnya Andai Saja. Dibalik band-band Binjai lainnya seperti Satelite dan Silver, Hero Band merupakan Band yang sangat di gemari di Binjai. Dengan setiap seminggu sekali mereka manggung di banyak tempat. Tapi ketenaran itu tidak berjalan lama. Akhirnya grub itu perlahan meninggalkan jejaknya. Setelah tamat sekolah mereka semua menentukan jalannya masing-masing. Pas sekali mereka semua satu angkatan, jadi ketika tamat sekolah mereka semua bubar. Ariyo yang sebenarnya sahabat akrab Heru kini telah bermasalah dengan sekolah hingga akhinya ia mengalami hal yang tidak diinginkannya. Ia di pecat dari sekolah nya dan pindah mengulang di sekolah lain. Semenjak itu keakraban Heru dan Ariyo mulai pudar. Ariyo tanpak minder bercerita lagi dengan Heru apalagi dengan teman-teman personil yang lain. Doni, Taufik, Jefri juga telah melanjutkan sekolah nya masing-masing di universitas. Doni sang vokalis yang kini beranjak berkuliah dengan jurusan Dokter di Universitas Sumatra Utara, dan Jefri kini mengambil jurusan Kimia di USU juga serta Taufik yang sudah beranjak ke bandung meruskan sekolah mengambil status Kepegawaian Negerinya. Dan mereka semua mulai berfikir bahwa ngeband mungkin tidak akan bisa dilanjutkan lagi karena banyak kendala dan waktu yang sudah berbeda. Sedangkan Heru sendiri masuk di perguruan swasta di Medan yaitu UMSU jurusan Ilmu Komunikasi. Dan akhirnya Hero Band hanya tinggal kenangan fans di Binjai dan kenangan di hati para personilnya.

Mereka mungkin telah menentukan jalannya. Tapi Heru yang tidak mau berhenti di dunia musik terus mencipta lagu untuk dirinya sendiri. Mempelajari sedikit dan karena hobinya juga bermain komputer, Heru mencoba kembali mengajak mereka semua untuk kembali ngeband, tapi tetap saja tidak bisa. Tapi Heru tidak putus asa, ia bersama adik kandungnya Ariyo Putro, Aditya Tri Wibowo mencipta sebuah grub band baru yaitu TRY BAND. Dimulai dengan rekaman kecil-kecilan dirumah Heru sendiri dengan hanya merekam lagu demo mereka beranjak dengan singel nya KISAH HIDUPKU. Tapi ternyata nampaknya proyek itu gagal, karena susahnya mencari pemain addisional. Heru kembali mencoba menggabungkan diri ke band orang lain. Dengan mencoba bersolo karir memberikan cd demo lagunya ke salah satu teman kuliahya di UMSU yaitu FIZA FERNANDA. Tapi kabar untuk rekamannya tidak muncul juga. Terlalu banyak kendala yang di tempuh, hingga akhirnya Heru mencoba merekam kembali lagu-lagunya itu dengan rekaman sederhana di rumahnya, hehehe… maka dinamakan pusat rekamannya HOME RECORD INDIE MUSIC. Tujuan Heru tidak hanya mempopulerkan lagunya, tapi kalanya untuk menyelamatkan lagu-lagu ciptaannya juga. Berapa banyak lagu yang sudah dikirimkan nya tapi tidak ada kabar baliknya. Untuk menyelamatkan lagunya ia merekam lagu itu dengan suaranya dan menaruh nya di situs internet dan cd, cd yang juga diberikan ke keluarganya untuk mengemankan lagunya dari plagiat, plagiat yang hanya mementingkan keuntungan dirinya sendiri tanpa memperdulikan orang lain termasuk Heru sendiri sang pencipta. Lagu-lagu yang pernah di ciptakannya dan coba di promosikan ke orang yaitu ke SONY BMG pada lomba lagu cipta mamamia Kisah Hidupku, Give a Smile, Sudah. Dan ke teman kuliah nya yang merupakan band besar di medan yang mempunyai pusat rekaman sendiri yaitu Fiza Fernanda yaitu Kisah Hidupku, Andai Saja, Hero Band, Tak Berhenti Berharap, Sudah, dan Coba Kutemani. Heru takut mereka akan membajak lagunya itu. Maka itu Heru berharap situs ini akan menjadi saksi ketika ketahuan apabila mereka memakai lagu tanpa sepengetahuan Heru. Lagu-lagu itu sebagian ada di album "It's My Memory" ini tanpa perubahan judul. Semoga setiap pembaca situs dapat menjadi saksi Heru apabila ada apa-apa dengan lagu Heru. Dan selama liburan panjang semester 2 ke 3 ini Heru akan merekam lagunya itu bersama Doni yang direkrut kembali sebagai vokal, dengan tema "Heru & Doni - It's My Memory" dan akan di upload ke internet lagi, serta disebarluaskan di Internet maupun teman-teman yang rispek. Tunggu aja ya album nya. Mudah-mudahan lagu-lagu nya di sukai pendengar Indonesia dan ada pusat rekaman yang bagus dan besar mau menerima Heru mempromosikan lagunya dengan rekaman di tempatnya. Selamat mendengar, dan terima kasih telah mau membantu . . .

Tidak ada komentar: